Tips Cara Menjaga Kesehatan Mata

Organ tubuh sejatinya memang sangat penting untuk tubuh kita, Allah menciptakan organ tubuh kita dengan sangat sempurna dan sangat rumit. Jadi sudah sepatutnya kita harus merawat dan menjaga organ yang telah di berikan oleh Allah kepada kita, karena kita tidak akan bisa membuat pengganti dari organ tubuh kita ini.
Berbicara masalah organ tubuh, pada kesempatan kali ini, kami akan membahas tentang salah satu organ tubuh kita, yang diciptakan oleh Allah untuk memperhatikan ciptaannya yang lain. Tidak lain dan tidak bukan, itulah mata. Selain organ tubuh yang lain, mata juga harus kita jaga kesehatannya karena dengan mata, kita dapat melihat hal-hal yang indah dalam dunia ini, untuk itu pada kesempatan ini kami akam membahas tentang cara menjaga kesehatan mata.
Untuk mata mungkin Anda sering mendengarkan tentang penyakit yang sering terjadi pada mata kita. Banyak sekali penyakit yang bisa menyerang mata kita sewaktu-waktu jika kita sering melakukan aktivitas yang melebihi waktu batas mata kita seperti terlalu lama membaca buku, bermain game, dan lain sebagainya. Itu semua dapat mengganggu penglihatan kita sehingga memudahkan penyakit untuk bermunculan. 
gudangilmu93.blogspot.com

Adapun jenis penyakit yang sering kita dengar seperti penyakit mopi atau rabun jauh, hipermetropia atau rabun dekat, presbiopi atau tidak dapat melihat benda yang jauh maupun dekat, katarak atau buta warna yang tidak dapat melihat berbagai macam jenis warna. Itulah daftar penyakit sering seinggah untuk meneror mata kita.
Untuk menghindari hal tersebut ada beberapa tips yang mungkin bisa anda lakukan agar penyakit mata dapat dihindari. 

Tips Cara Menjaga Kesehata Mata 

  1. Faktor Keturunan
    Kenapa kami memasukkan factor keturunan karena bisa saja penyakit mata dapat terjadi karena hal ini , segeralah tanyakan kepada orang tua anda apakah pernah mengalami penyakit mata keturunan. Kenapa? Karena hal ini juga dapat menjadi penentu apakah Anda itu beresiko tinggi terkenan penyakit mata atau tidak.
  2. Perhatikan Jarak Pandang Anda
    Biasanya jika kita melakukan aktivitas keseharian seperti halnya menonton TV, sering kali kita lupa untuk menjaga jarak pandang kita jika berada di depat TV. Sebaiknya jika anda nonton TV jarak yang paling ideal anda dengan TV kurang lebih 50-100 Cm. Begitupun bila anda membaca buku, alangkah baiknya jika anda membaca buku jarak mata anda dengan buku harus diperhatikan dan jarak yang ideal yaitu sekitar 30 cm. Hal tersebut dilakukan untuk menghindari penyakit mata seperti miopi atau rabun dekat.
  3. Hindari kebiasaan mengucek mata
    Ini juga sering terjadi pada kita, jika mata terasa gatal maka kita selalu mengucek mata. Sebaiknya jika mata anda terasa gatal jangan menguceknya apabila tangan Anda kotor sehabis memegang suatu benda yang dapat mengakibatkan infeksi pada mata sehingga bisa berakibat buruk untuk kesehatan mata.
  4. Istrahatkan mata
    Ketika anda sedang membaca buku atau berada dideapan layar komputer dalam waktu yang lama, alangkah baiknya untuk mengistrahatkan mata anda jika sudah terasa sakit. Istrahatkan selama beberapa menit hingga rasa sakit terasa hilang.
  5. Komsumsi Vitamin A
    Vitamin A juga sangat berperan penting untuk kesehatan mata. Jadi perbanyaklah makan makanan yang mengandung vitamin A seperti Wortel karena wortel mengandung beta karoken yang berfungsi untuk menjaga kesehatan mata Anda.
  6. Periksa Mata
    Jika mata anda mulai terasa berbeda dari sebelumnya, sebaiknya Anda sering-sering periksakana mata anda ke dokter untuk menghindarkan mata terkena penyakit yang sewaktu watu dapat menyerang. Dengarkan saran dokter setiap kali anda memeriksakan mata anda.
  7. Berhenti Merokok
    Merokok juga salah satu penyebab munculnya penyakit pada mata, usahakan untuk berhenti melakukan kebiasaan merokok karena hal tersebut dapat berpotensi terkena sejumlah penyakit seperti katarak dan kerusakan saraf optic pada mata.
Itulah berberapa tips Cara menjaga kesehatan mata dari kami yang bisa anda coba untuk mendapatkan mata yang sehat. Semoga bermanfaat, jika ada kekuranga mohon dimaafkan dan jika ada sarang atau tambahan silahkan komentar di bawah. Terimakasih
Share this article :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "Tips Cara Menjaga Kesehatan Mata"

 
Copyright © 2014 Gudang Ilmu - All Rights Reserved - DMCA
Template By Kunci Dunia Published By Kaizen Template - Support KaizenThemes