Cara Belajar Bahasa Arab Dengan Mudah

Belajar Bahasa Arab. Ada banyak cara untuk dapat menguasai bahasa Arab pada Umumnya, Namun terdapat pula banyak keluhan mengenai proses pembelajaran bahasa Arab itu sangat sulit bahkan sampai-sampai di Cap sebagai ilmu yang paling sulit untuk dipelajari di antara ilmu-ilmu yang lain. Nah untuk itu saya hadir di hadapan Anda untuk menyampaikan apa-apa saja yang menjadi Tips-Tips kita dalam mempelajari bahasa Arab khususnya dalam bidang Nahw-Sarf, Namun sebelumnya ada beberapa hal yang mesti Anda ketahui mengenai bahasa arab itu sendiri.

Banyak sekali ayat yang menyebutkan bahwa Al-Qur’an berbahasa arab, diantaranya telah dijelaskan dalam Q.S Az-Zukhruf/43:3
إنَّا جَعَلْنَا قُرْآنا عَرَبِيا لَعَلَّكُم تَعْقِلُوْنَ
“ sesungguhnya kami menjadikan Al-Qur’an dalam bahasa Arab agar kamu memahami(nya).”

كِتَابٌ فُصِّلَتْ آيَاتُهُ قُرْآنا عَرَبِيا لِقَوْم يَعْلَمُوْنَ
“Kitab yang dijelaskan ayat-ayatnya, yakni bacaan dalam bahasa Arab, untuk kaum yang mengetahui.” (Q.S.Fushsilat/41:3)

Dan juga telah dijelaskan dalam sabda Rasulullah Saw mengenai betapa pentingnya kita mempelajari Bahasa Arab:
أَحِبُّ العَرَبَ لِثَلاَثٍ لِانّيْ عَرَبِيٌّ, وَاْلقُرْآنَ عَرَبِيٌّ, وِكَلَامَ أَهْلِ الجَنَّةِ عَرَبِيٌّ
“cintailah bahasa Arab karena tiga hal, karena saya ini orang Arab, bahasa Al-Qur’an adalah bahasa Arab, dan bahasa penghuni Syurga adalah bahasa Arab.” 

Dari beberapa dalil yang telah saya paparkan tadi, Maka sangat jelaslah sahabat-sahabatku sekalian kebutuhan kita mengenai bahasa Arab tentu lebih kuat dibanding dengan kebutuhan kita pada ilmu-ilmu lainnya, sangat bagus jika kita menguasai ilmu-ilmu umum lainnya jika ilmu itu kita barengi dengan pengetahuan bahasa Arab yang telah kita capai nantinya, mengapa saya mengatakan bahasa arab adalah salah-satu ilmu yang paling penting untuk kita pelajari? Karena bahasa Arab adalah kitab suci kita (Al-Qu’an), hadis-hadis Nabi semuanya berbahasa Arab, sehingga untuk dapat memahami Al-Qur’an dan hadits-hadits Nabi dengan baik dan benar tentu sahabat-sahabatku sekalian mampu berbahasa Arab. Dan lebih kuat lagi tuntutan kita untuk mempelajari bahas Arab karena ibadah sholat semua bacaannya bahasa Arab, tidak sah sholat seseorang jika menggunakan bahasa selain bahasa Arab. Sehingga tidak ada lagi alasan-alasan dari sahabat-sahabatku sekalian terlebih khusus kita sebagai (umat Islam) untuk bermalas-malasan belajar bahasa Arab. 

Tips Belajar Bahasa Arab

Belajar Bahasa Arab
Untuk itu saya hadir dihadapan Anda untuk sharing-sharing pengalaman bagaimana tips-tips meraih pembelajaran bahasa Arab dengan baik dan Efektif, santai tapi konsisten, karena kebanyakan diantara sahabat-sahabat kita yang dulunya sangat bersemangat dalam mencapai apa yang telah menjadi target utamanya yaitu menguasai bahasa Arab namun terkendala oleh kesulitan mereka yang tidak tahu apa solusinya oleh karena itu, berikut adalah tips-tips yang perlu Anda ketahui:
  1. Pertama-tama yang mesti kita lakukan adalah niatkan dalam hati kita untuk benar-benar konsisten dalam mempelajari bahasa Arab, karena percuma kita belajar mati-matian jika dalam hati kita tak terdapat sebersit niat yang tulus untuk memahami bahasa Arab, ok jadi mulailah hari-hari Anda dengan niat yang tulus semata-mata karena anda sangat membutuhkan bahasa Arab.
  2. Kekonsistenan dalam mempelajari bahasa Arab sangat dibutuhkan, Yakinkanlah diri Anda bahwa Anda akan mampu untuk menjalankan hari-hari anda dengan bergelut dengan dunia Kearab-Araban.
  3. Selanjutnya, Anda mesti camkan dalam diri Anda bahwa bahasa Arab itu sangat mudah untuk dipelajari, is so very EASY karena dengan itu kekuatan Motivasi Anda akan meningkat.
  4. Pilihlah tempat dimana saja yang menurut Anda merasa aman dalam proses pembelajaran, kondisikanlah dengan keseriusan belajar Anda nantinya.
  5. Apabila dalam proses pembelajaran Anda menemukan hal-hal yang sulit untuk dipahami, teruslah menganggapnya itu adalah hal yang mudah untuk di mengerti, berusaha menampung beberapa pertanyaan yang acap kali muncul dibenak Anda dan tuliskan pada Catatan-catatan kecil Anda, dan bila ada waktu yang luang konsultasikanlah kepada guru/Ustadz pembimbing Anda diluar dari forum pembelajaran, dan cara seperti inilah akan mampu memberi efek yang sangat baik oleh pribadi Anda dalam proses pembelajaran Anda dapat menambah wawasan Anda dari yang sebelumnya.
  6. Buatlah pemetaan pada proses pembelajaran bahasa Arab Anda Nantinya, jangan sesekali mencampur-adukkan pembahasan, mulailah dari awal sesuai struktur pennyusunan pembelajaran bahasa Arab,  Agar mampu terhindar dari kebingungan yang berlanjut.
  7. Usahakan berlatih setiap hari, maksudnya jadilah guru untuk diri Anda sendiri. Setelah Anda mendapat materi dari guru/ustadz Anda, sekarang tugas anda mengamalkannya dengan cara mengulang kembali apa-apa saja yang telah diberikan kepada Anda, berusahalah menjadi pengajar yang handal minimal dihadapan Anda sendiri, setelah itu mulailah mengkritik diri anda. Maka dengan cara seperti ini akan sangat membantu anda dalam mengembangkan potensi diri yang anda miliki, yakinkan pada diri Anda bahwa anda mampu menguasai bahasa Arab dengnan baik.
  8. Ketika belajar bahasa Arab, kita perlu mempertebal kesabaran, jangan mudah jenuh, bosan dan menjauhkan rasa malas dari diri kita. Tidak mungkin orang akan membangun rumah langsung dari atapnya, pasti dia akan memulai membangun dari pondasi yang kuat dan kokoh, untuk itu kesabaran juga sangat diperlukan dalam proses pembelajaran bahasa Arab.
Nah oleh karena itu, sahabat-sahabatku sekalian mulailah membangun tekad dan tujuan Anda dalam meraih nikmatnya menguasai bahasa Arab, karena bahasa Arab adalah modal utama bagi kita untuk meraih kesuksesan di Dunia maupun di Akhirat kelak’ InsyaALLAH untuk itu semoga tips-tips ini akan mampu membantu Anda dalam proses pembelajaran bahasa Arab Anda agar nantinya tidak ada lagi kata-kata “ اللغة العربية صعبٌ جِدّا” yang ada hanya “اللغة العربية سَهلٌ جدّا”. 

Untuk Cara Belajar Bahasa Arab nya bisa juga melalui FB Penulis yaitu Novmurs Gare Namaku ( Noviana Muhtar ).
Anda bisa konsultasi seputar bahasa arab.
Share this article :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "Cara Belajar Bahasa Arab Dengan Mudah"

 
Copyright © 2014 Gudang Ilmu - All Rights Reserved - DMCA
Template By Kunci Dunia Published By Kaizen Template - Support KaizenThemes