Tips Cara Cepat Menghafal Bacaan Al Quran Dengan Mudah

Tips Cara Cepat Menghafal Bacaan Al Quran Dengan Mudah memang sering dipaparkan oleh orang-orang baik itu dalam bentuk artikel di internet ataupun dalam bentuk buku. Al Quran merupakan bacaan yang memang seharusnya di baca oleh umat islam, baik dengan menghafalkannya ataupun dengan membacanya secara langsung. 
Tetapi pada jaman sekarang ini mungkin jika membaca Al Quran itu masih bisa dilakukan pada sela-sela waktu tertentu, namun bagaimana jika menghafalkannya? Pastilah itu sangat sulit bagi orang yang mempunyai kesibukan setiap harinya. Untuk itu diperlukan metode-metode khusus yang bisa digunakan oleh seluruh umat islam untuk menghafal Al Qur'an walaupun mereka mempunyai beberapa kesibukan setiap hari.
Menurut buku yang kami baca, yaitu buku Majdi Ubaid Al-Hafizh "9 Langkah Mudah Menghafal Al-Quran", dia mengatakan dalam bukunya bahwa manusia sebenarnya mampu menghafal satu lembar mushaf ( Al Quran ) dalam waktu 7 menit, atau kurang. Sungguh luar biasa otak manusia jika difungsikan dengan optimal apalagi ke jalan yang benar, MasyaAllah. Didalam bukunya juka dikatakan, setelah melakukan pelatihan kepada ribuan orang berdasarkan metode tersebut, kebanyakan dari peserta pelatihan memberikan hasil yang luar biasa dengan mampu menghafalkan surah Al-Baqarah dalam waktu hanya 4 hari dan menghafalkan 6 Juz dalam waktu 10 Hari. Ini merupakan hasil yang luar biasa yang telah di raih oleh Saudara-Saudari Kita.
Untuk itu kami ingin memberikan beberapa metode berdasarkan buku referensi yang telah saya bahas di atas, sehingga mungkin saja dengan menerapkan metode tersebut anda mampu menghafalkan Al Quran dengan baik dan benar. Silahkan baca tips dibawah ini untuk lebih jelasnya.

Tips Cara Cepat Menghafal Bacaan Al Quran

Ada beberapa metode yang ingin kami bagikan di kesempatan kali ini, dan sebaiknya metode ini anda segera terapkan ( Saat ini juga ) untuk membaca Al Quran supaya mendapat hasil yang maksimal.

1. Menanamkan Rasa Percaya Diri Untuk Menghafal Al Quran ( Kerinduan, Kecintaan, dan Keinginan )

Dalam buku Majdi Ubaid Al-Hafizh mengatakan bahwa faktor yang paling mempengaruhi seseorang untuk bisa menghafal Al Quran adalah Mental ( Ingat itu ), yaitu berpengaruh hingga 90% dan sisanya atau sekitar 10%-Nya itu karena keterampilan, ketekunan, dan manajemen. Itulah mengapa kami menempatkan rasa percaya diri pada point pertama, karena itu adalah faktor yang paling penting yang harus kita bangun dalam menghafal Al Quran.
Bagaimana membangun rasa percaya diri tersebut? yaitu dengan cara menamkan rasa kerinduan, kecintaan, dan keinginan besar ( Hingga menyala-nyala kobaran api dalam hati anda ) untuk menghafalkan Al Quran. Untuk memunculkan rasa kerinduan, kecintaan, dan keinginan pada Al Quran Al Karim, tanamkan dalam pikiran anda bahwa Cita-cita saya adalah Al Quran, sahabat saya adalah Al Quran, teman saya adalah Al Quran.
Bayangkan bahwa anda tidak bisa merasakan kenikmatan hidup kecuali setelah membaca ayat-ayat Al Quran, pikiran anda tidak bisa tenang ketika belum menghafal wirid harian anda. Kita tidak akan nyenyak tidur jika belum melakukan pengulangan pada hafalan kita hari ini. Kita tidak bisa makan jika Al Quran tidak ada sisi kita. Jadi selalu pikirkan hal tersebut, dan untuk memunculkan hal tersebut ada dua cara yang harus anda lakukan yaitu mengenal terlebih dahulu Kedudukan Al Quran dan merasakan Keagungan pahala menghalafal Al-Quran. Silahkan cari di Google tentang dua point tersebut, atau bisa membeli buku Majdi Ubaid Al-Hafizh "9 Langkah Mudah Menghafal Al Quran".

2. Tumbuhkan Rasa Ikhlas, Tawakal, dan Doa

Setelah anda menanam pada point pertama, langkah selanjutnya yaitu menumbuhkan apa yang anda tanam.  Apa yang harus tumbuh? Yah rasa Ikhlas, Tawakal, dan Doa. Sebelum itu, marilah kita sejenak merenung untuk diri kita kemudian kita munculkan pertanyaan "Kenapa kita menghafal Al Quran Al Karim?", Apakah kita menghafalkannya untuk mencari wajah Allah, mencari pahala dan balasan, mencari kedudukan yang tinggi disisinya, mendapatkan Syurga yang paling tinggi yaitu Syurga Firdaus? ataukan karena hanya ingin dilihat oleh manusia saja, agar dapat disebut seorang hafizh, dan mendapatkan popularitas dalam masyarakat.
Silahkan lakukan intropeksi diri untuk diri kita dengan mempertanyakan hal tersebut. jika niat sudah bagus maka tumbuh lah rasa ikhlas, tawakal, dan doa dalam diri kita. Perbanyak niat hanya untuk Allah bukan karena hanya ingin dikenal oleh ciptaan Allah, jika anda melakukannya untuk Allah pastilah seluruh ciptaannya akan mengenal anda. Ingat Niat, Niat, Niat, hanya untuk Allah.

3. Hilangkan Banyak Alasan

Pada point ke-2 tadi dibahas masalah niat yang iklhas, kemudian muncul alasan mengatakan "Nanti deh, jika udah ikhlas baru lakukan". Sungguh itu pemikiran yang bodoh, alasan yang sangat tidak masuk akal. Kenapa? Ikhlas tidak akan muncul dalam diri kita jika tidak memangcingnya untuk keluar, jadi mulailah saja, walaupun dengan rasa terpaksa tetapi dengan sendirinya nanti akan muncullah rasa ikhlas tersebut ( Biasakan saja, Right ). 
Kita lah yang bertanggung jawab pada diri kita sendiri, kalau bukan kita yang membersihkan hati kita dari segudang alasan siapa lagi?. Banyak orang yang mengatakan kami tidak bisa menghafal Al Quran karena tidak mempunyai tempat untuk belajar, tidak di motivasi oleh orang tua, daya ingat lemah, dan lain sebagainya. Itu semua merupakan penyakit yang terdapat dalam hati kita, dan itu harus dihilangkan menggunakan BackLink Pemutih, Hehehe. Apa itu BackLink Pemutihnya? yaitu Point 2 tadi, keikhlasan dan Point ke-4 nantinya yaitu berfikir positif. Biasakan hal Ikhlas tersebut.

4. Berfikir Positif

Berfikir positif  merupakan BackLink Pemutih yang baik untuk menghilangkan penyakit Banyak alasan dalam diri kita. Jangan mengatakan "saya tidak punya waktu untuk menghafal", tapi katakan "bagaimana saya meluangkan waktuku untuk bekerja, karena saya ke asyikan menghafal al quran". Jangan mengatakan "Bagaimana saya menghafal satu lembar Al Quran dalam waktu 7 Menit?", tetapi katakanlah "Saya tidak bisa mengn hafal 7 menit, tetapi hanya butuh 5 menit", itu tidak bermaksud Takabur, tetapi itu merupakan niat yang bagus. Artinya kita memang sudah mampu menghafal Al Quran tetapi hanya dihalangi oleh pikiran negatif.
Jadi perbanyak lah berfikir positif untuk diri anda, jangan takut-takuti otak anda dengan pikiran negatif karena itu bisa membuat otak akan melakukannya, Otak akan mengikuti apa yang anda pikirkan setiap saat. Tanamkan kata kata ini, Aku akan mengonsentrasikan kekuatan otakku, Daya ingatku tajam, Nikmat-nikmat Allah yang ada pada diriku sangat berlimpah, Aku bisa menghafal Al-Quran dalam waktu 7 menit.  Right

5. Menciptakan Rasa Rileks dan Suasana Belajar Ideal

Sebelum masuk pembahasan point ini, silahkan cermati Cara Belajar Yang Baik dan Efisien. Nah, setelah anda membaca link tadi, mungkin anda sudah dapat kesimpulan tentang point ini kan. Jadi kami hanya ingin menjelaskan intinya saja.
Menciptakan Rasa Rileks dan Suasana Belajar Ideal merupakan hal yang penting sekali untuk menghafal Al Quran, dan Saran kami jangan menghafal Al Quran dalam keadaan yang tidak Rileks. Karena itu tidak akan mampu menunjang hafalan anda. Jadi sebelum itu ciptakan terlebih dahulu suasana yang baik untuk anda kemudian mulailah belajar. Bagi yang ingin memperdalam lagi cara untuk rileks, lakukan lah Latihan Relaksasi Tubuh, dan Latihan Relaksasi Otak.

6. Teknik Visualisasi

Kebanyakan orang jika melakukan sesuatu itu, mereka hanya semangat di bagian awal-awal saja. Tidak lama setelah itu mulailah muncul rasa malas-malasan, bahkan bisa jadi meninggalkan masalah menghafal Al Quran. Apa jadinya hafalan tanpa di ulang-ulang, pastilah lama kelamaan akan hilang. Seperti Suatu Riwayat mengatakan bahwa Al Quran Lebih Cepat Hilang Daripada Lepasnya Seekor Unta dari Ikatannya. 
Untuk mengatasi hal tersebut maka di perlukan teknik Visualisasi yang baik, bagaimana caranya?, dengan cara sebelum menghafal, silahkan sisipkan waktu anda sebentar untuk membayangkan kedudukan anda natinya pada hari akhir, bagaimana kedudukan dan derajat seorang penghafal Al Quran di hadapan Allah. Lakukan juga hal tersebut sebelum tidur, dan setiap selesai shalat. Itu akan membantu memberikan semangat kepada kita agar tidak meninggalkan aktivitas kita dalam menghafal Al Quran. Jadikan Al Quran Merupakan Tujuan dan Impian Tertinggi Dalam Hidup Kita.

7. Optimasi Panca Indra

Menurut anda Panca Indra mana yang paling berpengaruh untuk menghafal Al Quran?, pasti ada yang mengatakan baca, yang lain mengatakan dengar, yang satu mengatakan lihat, dan kami mengatakan kerjakan. Tapi tahukah anda prensentase  kekuatan Panca Indra dalam menghafal, detailnya menghafal dengan membaca itu mampu menyimpan 20%, mendegarkan 30%, melihat, 40%, mengucapkan 50%, dan mengerjakan 60%.
Itu jika cuman dilakukan salah satunya saja, karena kebanyakan orang memiliki cara belajar yang berbeda-beda. Ada yang suka membaca, ada yang melihat gambar, ada yang mendengarkan, dan ada juga yang langsung praktekkan. Tetapi bagaimana jika seluruh Panca Indra tadi kita gunakan secara bersamaan, karena dengan menggunakan Panca Indra secara bersamaan mampu menyimpan 90% aktivitasnya. Caranya bagaimana?, Silahkan kunjungi Cara Mengoptimalkan Panca Indra.

8. Murajaah ( Pengulangan )

"Jika Seorang penghafal Al Quran shalat lalu ia membaca pada malam dan siang hari, niscaya ia akan senantiasa menyimpannya. Namun jika ia tidak melakukan hal tersebut, niscaya ia akan melupakannya" ( HR. Muslim ). Berdasarkan Hadits tersebut sudah jelaskan, hafalan yang tidak diulang-ulang akan menghilang. Jadi selalu ulangi hafalan Anda, baik ketika Shalat, selesai Shalat, sebelum tidur, dan sebelum menghafal kembali. Intinya Ulangi, Ulangi, dan Ulangi.
Tips Murajaan Bacaan
- Murajaah Pertama Satu Jam Setelah Menghafal
- Murajaah Kedua Satu Hari Setelah Menghafal
- Murajaah Ketiga Satu Pekan Setelah Menghafal
- Murajaah KeEmpat Satu Bulan Setelah Menghafal
- Murajaan Kelima Tiga Bulan Setelah Menghafal.
Lakukan hal tersebut dengan tertib dan secara Berurutan. Misalnya jam pertama, 1 ayat. ulangi hafalan jam ke dua, jika ada tambahan hafala ke 2 hafalkan setelah murajaah hafalan pertama kemudian ulangi keduanya setelah 1 jam berikutnya. Seperti itu seterusnya hingga semua isi Al Quran Terhafal.

9. Menyusun Perencanaan Yang Jelas

Perencanaan memang penting untuk mencapai sesuatu, namun kebanyakan dari kita saat ini malah mengabaikan hal perencanaan hidup. Lebih dari 97% manusia tidak pandai dan tidak memiliki perencanaan tertulis untuk mewujudkan hidupnya. Padahal ini adalah masalah yang penting, dengan menyusun perencanaan kita bisa melihat target kedepannya dan akan selalu mengusahakan untuk mencapai target tersebut.
Penelitian mengatakan bahwa cita-cita atau tujuan yang jelas dan terperinci walaupun sulit, akan lebih mudah dicapai dibangdingkan dengan tujuan-tujuan mudah yang masih samar-samar. Ini penelitian yang bilang loh, bukan saya.
Itulah yang harus kita lakukan jika ingin menghafal Al Quran, targetlah misalnya anda ingin menghafal 30 Juz Al Quran dalam waktu 3 Bulan atau 4 Bulan dan seterusnya, sehingga tujuan kita menjani jelas. Untuk itu mulai sekarang ambil buku anda, kemudian cari pulpen atau pensil anda lalu tulis perencanaan hidup anda. Caranya bisa anda lihat di Cara Menentukan Tujuan Dan Perencanaan Yang Jelas.

Bagaimana? Segeralah laksanakan sesegera mungkin Semua Tips di atas, jika tidak bisa melakukannya sekaligus, maka lakukanlah secara bertahap tapi ingat jangan banyak alasan. Semoga Tips Cara Cepat Menghafal Bacaan Al Quran Dengan Mudah bisa membantu anda yang ingin menjadi Hafizh. Selamat Mencoba
Share this article :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "Tips Cara Cepat Menghafal Bacaan Al Quran Dengan Mudah"

 
Copyright © 2014 Gudang Ilmu - All Rights Reserved - DMCA
Template By Kunci Dunia Published By Kaizen Template - Support KaizenThemes