6 Cara Membuat Otak Anda Cerdas Seperti Albert Enstein

Apakah anda sering lupa? Seperti halnya anda lupa menaruh suatu benda, ataukah anda sering lupa dengan kata - kata yang baru saja anda bicarakan dengan orang lain? Itu semua harus dipertanyakan karena kecil kemungkinan, sedikit demi sedikit anda mengalami penurunan kinerja pada otak anda.

Dalam hal lupa tersebut mungkin anda menganggapnya biasa - biasa saja, namun jika anda memperhatikan hal tersebut, penurunan pada ketajaman otak kinerja pada diri anda, Apalagi jika anda sedang berkarir pada suatu pekerjaan yang anda sukai. Jika itu terus terjadi maka itu bisa saja dapat mempengaruhi kualitas kerja anda sehingga dapat menghambat karir yang anda miliki.

Untuk mengatasi masalah menurunnya ketajaman otak anda, silahkan simak dan praktikkan tips - tips berikut:
gudangilmu93.blogspot.com

6 Cara Mengatasi Menurunnya Kinerja Otak

  1. Makanlah Lemak Sehat
    Journal Of Alzheimer's Research Tahun 2012, melakukan studi dan mengeluarkan pendapat bahwa orang yang mengkomsumsi banyak lemak sehat dapat mempengaruhi ketajaman otaknya yaitu menurunkan risiko gangguan ingatan sebanyak 35% dibandingkan dengan mereka yang tidak mengkomsumsinya.
    Adapun makanan yang mempunyai kandungan lemak sehat didalamnya diantaranya :
    • Buah Alpukat
    • Ikan Salmon
    • Ikan Sarden
    • Telur
    • Kacang - kacangan dan Sebagainya
  2. Batasi Asupan Gula dan Tepung Putih
    Anda juga harus memperhatikan asupan gula dan tepung putih untuk diri anda karena kadar insuling yang dimiliki oleh otak anda dapat mempengaruhi proses penyimpanan ingatan. Karena pada gula dan tepung putih terdapat zat yang mempengaruhi kadar insulin didalam otak, sehingga proses penyimpanan ingatan pada memori otak anda akan terganggu.
    Nah, ada dua jenis makanan yang perlu anda kurangi untuk mengkomsumsinya karena kadar insulin pada otak dapat dipengaruhi dari apa yang kita makan. Adapun dua jenis makanan yang dapat mengganggu kestabilan kadar insuling otak, diantaranya :
    • Gula dan Tepung Putih
      Kenapa gula dan tepung putih dapat menurunkan kinerja otak karena didalamnya mengandung nutrisi karbohidrat sederhana, dimana nutrisi tersebut akan di pecah atau di sharing menjadi gula ketika melalui proses pencernaan. Gula inilah yang dapat mengganggu insulin pada otak serta mempengaruhi kinerja otak untuk menyimpan ingatan kedalam memori.
    • Makanan Berlemak Jenuh
      Sama halnya dengan gula sederhana, makanan yang juga dapat mempengaruhi kinerja otak dan kemampuan ingatan adalah makanan berlemak jenuh karena dapat mengacaukan kadar insulin di dalam otak.
  3. Lakukan Senam Otak
    Mungkin anda berfikir bagaimanasih senam otak itu? Apakah sama dengan senam yang dilakukan untuk menyegarkan tubuh, yaitu dengan gerakan - gerakan sederhana sehingga membuat kita tetap bugar. Saya katakan memang hampir sama, itulah kenapa kita berikan peumpamaan judulnya senam otak karena otak juga perlu senam. Tetapi tentu saja metode yang digunakan oleh senam otak berbeda dengan metode yang digunakan untuk senam kebugaran.
    Pada penelitian tahun 2013, Jurnal Neurologi mempublikasikan bahwa untuk menstimulus kenirja otak, anda bisa melakukan kebiasaan seperti membaca atau menulis untuk meningkatkan ketajaman otak yang anda miliki. Mungkin ada sudah tahukan fungsi dan keutamaan bagi seorang pembaca maupun penulis.
    Dan sebaiknya jika anda jarang membaca mapun menulis, maka otak anda tidak akan bugar karena tidak melakukan senam. Jadi inilah senam otak yang paling baik untuk anda yaitu membaca dan menulis, jadikan itu sebagai kebiasaan anda sehingga kinerja otak anda semakin meningkat.
  4. Bersosialisasi
    Ada juga hal yang penting anda lakukan yaitu bersosialisasi, anda sekiranya aktif untuk melakukan organisasi. Perbanyak bicara anda karena dapat mencegah terjadinya penurunan kinerja otak.
    Apabila anda melakukan sosialisasi, otak akan semakin terstimulus dan akan semakin aktif, itu berfungsi untuk mendukung kegiatan kita. Adapun aktivitas yang bisa anda lakukan diantaranya :
    • Berkomunikasi dengan lawan bicara
    • Mengolah Ide
    • Menanggapi Sebuah Komentar
    • Merangkai Kalimat Untuk Dikomunikasikan dan Lain sebagainya.
    Semakin sering otak anda melakukan aktivitas diatas maka otak anda akan terlatih dan semaking mengurangi terjadinya penurunan kinerja otak. Selain itu bersosialisasi juga dapat memberikan manfaat pengetahuan karena mendapatkan ide dan mendapatkan pengetahuan baru dari orang lain.
  5. Tetapkan Jadwal Tidur Rutin
    Untuk memperbaiki kinerja otak, anda juga harus memperhatikan jadwal tidur anda. Apakah jadwal tidur anda sudah cukup atau malah kurang, karena apabila anda kurang tidur atau melakukan kebiasaan tidur yang singkat maka anda akan menyebabkan penurunan Neuron sebanyak 25% pada lokus seruleus, yang merupakan area pada otak yang berkaitan dengan fungsi kognitif.
    Hal ini juga dapat menyebabkan timbulnya risiko depresi dan stres, dimana keduanya itu juga dapat menurunkan kinerja otak.
  6. Memasak Pada Suhu Yang Rendah
    Mungkin anda bertanya - tanya kenapa memasak dengan suhu yang rendah dapat mencegah menurunnya performa otak. Maka jawabannya, jika anda memasak dengan suhu yang tinggi, maka dapat mempengaruhi nutrisi dan membuat makanan mengandung bahan kimia toksik, dimana bahan itu bisa berdampak penurunan fungsi otak dan dapat menyebabkan risiko peningkatan kepikunan.
    Jadi kuncinya anda harus menghindari memakan makanan gosong terutama pada daging. Jadi tetaplah jaga suhu ketika anda memasak agar makanan anda tetap aman.
Bagaimana? Semoga tips ini bisa bermanfaat untuk anda terutama bagi si penulis sendiri. Kita harus terus menjaga otak kita agar kita bisa menjadi Orang yang cerdas dan juga dapat mencerdaskan umat. Aamiin.
Share this article :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "6 Cara Membuat Otak Anda Cerdas Seperti Albert Enstein"

 
Copyright © 2014 Gudang Ilmu - All Rights Reserved - DMCA
Template By Kunci Dunia Published By Kaizen Template - Support KaizenThemes