Waktu Mustajab Untuk Ber Doa Pada Bulan Ramadhan

Doa Mustajab

Doa merupakan Sarana yang digunakan oleh seorang Hamba untuk memohon sesuatu kepada Tuhannya, sehingga hati dan pikirannya merasa tenang. Dan tentu saja semua orang berharap doa mereka bisa di Mustajab ( Diterima ) Oleh Tuhan.

Ada beberapa waktu yang bisa membuat doa seseorang bisa di mustajab oleh Allah, terutama pada bulan Ramadhan. Namun, secara khusus, ada tiga waktu setiap hari dalam bulan Ramadhan yang bisa membuat doa seseorang bisa di mustajab oleh Allah. Waktu apa sajakah itu?


Sepertiga Malam Terakhir

Pada umumnya sholat pada waktu sepertiga malam terakhir dilanjutkan dengan doa sama halnya dengan hari-hari lain di luar bulan Ramadhan namun pada bulan Ramadhan pahalanya lebih di lipat gandakan dan banyak orang yang bisa melaksanakannya pada waktu ini karena waktunya bertepatan dengan waktu sahur. Jadi waktu ini merupakan waktu yang paling baik untuk diguanakan Berdoa kepada Allah.

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda:

يَنْزِلُ رَبُّنَا تَبَارَكَ وَتَعَالَى كُلَّ لَيْلَةٍ إِلَى السَّمَاءِ الدُّنْيَا حِينَ يَبْقَى ثُلُثُ اللَّيْلِ الآخِرُ يَقُولُ مَنْ يَدْعُونِى فَأَسْتَجِيبَ لَهُ مَنْ يَسْأَلُنِى فَأُعْطِيَهُ مَنْ يَسْتَغْفِرُنِى فَأَغْفِرَ لَهُ

Rabb kita Tabaraka wa Ta’ala turun ke langit dunia ketika tersisa sepertiga malam terakhir. Lantas Allah berfirman, “Siapa saja yang berdo’a kepadaKu, niscaya akan Aku kabulkan. Siapa yang meminta kepadaKu, niscaya Aku beri. Siapa yang meminta ampunan kepadaKu, niscaya akan Aku ampuni.” (HR. Al Bukhari dan Muslim)

Pada Waktu Puasa

Waktu puasa juga merupakan waktu yang dapat di gunakan untuk berdoa karena waktu ini juga bisa diterima ( mustajab ) yakni waktu terbitnya fajar sampai dengan waktu berbuka. Sebagaimana sabda Rasulullah:

ثَلاَثَةٌ لاَ تُرَدُّ دَعْوَتُهُمُ الصَّائِمُ حَتَّى يُفْطِرَ

Tiga orang yang do’anya tidak tertolak: (pertama) orang yang berpuasa sampai ia berbuka” (HR. Ahmad; shahih lighairihi)

Saat Berbuka

Waktu berbuka juga termasuk waktu yang mustajab untuk berdoa, jadi perbanyaklah berdoa ketika hendak berbuka. Sebagaimana sabda Rasulullah

إِنَّ لِلصَّائِمِ عِنْدَ فِطْرِهِ لَدَعْوَةً مَا تُرَدُّ

Sesungguhnya do’a orang yang berpuasa ketika berbuka tidaklah tertolak.” (HR. Ibnu Majah; hasan)

Tunggu apalagi, manfaatkan waktu kita selama bulan Ramadhan untuk memperbanyak doa dan memohon ampun kepada Allah SWT. Jika kita piker-pikir ke-3 waktu ini sangat berurutan dan sistematis. Mulai dari sholat malam ( sahur ), waktu puasa hingga, hingga berpuasa. Seharian penuh dihabiskan untuk memperbanyak doa kepada sang pencipta dan sang pengabul doa, semoga semua doa kita dapat di mustajab oleh Allah. Aamiin
Share this article :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "Waktu Mustajab Untuk Ber Doa Pada Bulan Ramadhan"

 
Copyright © 2014 Gudang Ilmu - All Rights Reserved - DMCA
Template By Kunci Dunia Published By Kaizen Template - Support KaizenThemes