Tips Cara Mudah Belajar Yang Baik dan Efektif

Tips Cara Mudah Belajar Yang Baik dan Efektif. Belajar merupakan hal yang dilakukan oleh seseorang untuk mendapatkan ilmu. Namun banyak di antara kita yang susah dalam menggunakan waktu belajarnya. Kadang sangat rajin belajar dan kadang malas untuk belajar. Belajar biasanya banyak diganrongi oleh seseorang jika dalam kondisi Mood saja, atau berada pada kondisi yang baik. Padahal jika kita belajar dengan Mood saja itu bagaikan setetes air yang diteteskan di Lapangan gersan dan panas, setelah sampai ditanah langsung menguap, itu artinya jika belajar hanya dibarengi dengan Mood saja tanpa keinginan yang kuat maka pelajaran tersebut juga akan cepat hilang.
gudangilmu93.blogspot.com

Padahal belajar merupakan suatu aktivitas yang bisa kita jadikan sebagai aktivitas keseharian yang menyenangkan, tergantung bagaimana metode belajar kita dalam keseharian. Untuk memunculkan  belajar yang menyenangkan maka silahkan simak Tips Cara Belajar Yang Baik dan Efektif.

Cara Belajar Yang Baik dan Efektif

  1. Istirahat
    Kok Istirahat? Tidak belajar donk jika kebanyakan istirahat. Istirahat disini bukan tanpa belajar tetapi jika anda sedang belajar sebaiknya anda selingi dengan istrahat. Apabila anda sudah merasa jenuh dan lelah saat belajar, istirahatlah 15 - 20 menit untuk menghilangkan rasa jenuh dan lelah tersebut. Kita bisa jalan keluar tempat belajar beberapa menit atau mengambil cemilan dan minuman untuk mengisi tenaga anda. Lama belajar ideal untuk yang baru mulai sebaiknya 1-2 jam, setelah satu jam istirahat kemudian bisa dilanjut kembali.
  2. Perbaiki Lingkungan Tempat Belajar
    Tempat belajar juga sangat penting anda perhatikan jika ingin belajar, kenapa karena dengan tempat belajar yang bersih dan nyaman kita juga bisa belajar dengan baik. Usahakan perbaiki susunan ruangan belajar anda, bersihkan sampah-sampah yang berserakan, atur barang-barang yang berserakan sehingga tempat belajar anda lebih nyaman di pandang dan anda juga lebih leluasa dalam belajarnya, biasanya itu juga merupakan faktor yang penting agar kita belajar dengan senang.
  3. Mendengarkan Lagu Kesukaan
    Banyak teman saya jika belajar lebih suka mendengarkan musik, kebanyakan dari mereka lebih nyaman belajar mendengarkan musik apalagi jika musik yang mereka dengarkan merupakan musik kesukaannya. Tapi jangan mendengarkan musik yang mempunyai nada yang tinggi seperti halnya musik Rock N Roll, itu bisa mengganggu dan membuat anda tidak bisa berkonsentrasi. Dengarkanlah musik yang lembut atau kalau bisa dengan musik instrumen ( Tapi ingat, jangan sampai terbawa mau tidur ).
  4. Iringi dengan Praktik
    Belajar dengan teori saja itu tidak cukup, karena itu bisa menyebabkan rasa jenuh dan bosan. Barengilah dengan praktik sehingga pelajaran menjadi semakin menyenangkan. Praktik juga dapat membuat teori yang pelajaran itu di ingat dengan waktu yang lama. Misalnya saja belajar Komputer, Anda tidak akan bisa memahaminya 100% jika tidak di Praktikkan. Atau bisa juga dengan belajar IPA, cobalah lakukan praktik jika pelajaran tersebut berkaitan dengan tumbuhan, hewan, atau jenis yang lainnya.
  5. Jadikan Kebiasaan Rutin
    Dengan menjadikan belajar suatu kebiasaan rutin, maka dalam pikiran sudah terbentuk perilaku baru yang akan membentuk suatu kebiasaan. Ada pepata yang mengatakan Pikiran membuat tindakan, tindakan akan berubah menjadi perilaku, perilaku akan menjadi kebiasaan, dan kebiasaan adalah karakter seseorang ( bagi yang pernah dengar, jika salah dikoreksi yah :).). 
  6. Menjadi Detektif
    Loh Kok Detektif! Yah karena detektif itu orangnya cerdas-cerdas semua, mereka tahu banyak tentang pelajaran ataupun dengan hal-hal yang menyangkut itu. Dalam belajarpun, pekerjaan detektif itu bisa di gunakan, jadikan pelajaran yang ada didepan anda itu sebagai kasus yang harus di selesaikan, itu juga dapat memunculkan sifat senang dan pemahaman yang baik jika jawabannya sudah ditemukan. Bagaimana? bisa bukan?
  7. Ubah Cara Belajar
    Ini salah satu hal yang sangat penting untuk diperhatikan, metode belajar merupakan hal yang dilakukan seseorang agar cara belajarnya lebih mudah dipahami, dan merasa nyaman jika dilakukan. Carilah metode yang nyaman untuk digunakan, jangan menggunakan metode yang sama setiap belajar karena belum tentu metode tersebut cocok sebagai cara belajar anda. Kami beri tiga metode yang bisa anda gunakan seperti Membaca, Menulis, dan Mendengarkan. Ketiga metode tersebut dapat digunakan dan tentukan dimana metode yang paling cocok untuk anda.
  8. Membuat Suasana Senyaman MungkinBagaimana menciptakan suasana yang kondusif saat belajar? Dengan cara mencari tempat yang bisa membuat kegiatan belajar tidak terganggu, hindari bising yang bisa memacahkan konsentrasi. Dengan cara tersebut materi pelajaran akan mudah masuk kedalam otak, berbeda jika kondisinya tidak kondusif. Malahan otak akan menjadi bingun ingin memikirkan apa. Sekali-kali carilah tempat diluar ruangan yang tenang dan nyaman untuk belajar agar perasaan belajar semakin rileks.
  9. Rutin Tapi Jangan LamaMemang kita harus belajar dengan rutin sehingga itu bisa menjadi kebiasaan, tapi dalam setiap belajar jangan  terlalu lama. Cukup 1-2 jam saja, agar otak bisa istirahat. Janga gunakan waktu hanya seharian belajar, itu bisa menurungkan kesehatan. Sebaiknya anda atur waktu anda seperti pagi 45 menit, siang 15 menit, sore 30 Menit, dan Malam 1-2 Jam. Kalau kelamaan nanti bosan juga sehingga semangat belajar juga akan hilang.
  10. Jangan MenghapalIni juga sering terjadi, dengan menghapal pelajaran itu akan hilang dengan sangat cepat karena dosa. Dosa bisa menghapus semua hapalan dalam waktu 3 sampai 1 minggu saja, sebab hapalan hanya akan singga di Sort Memori atau Memori jangka pendek. Jadi jika belajar cobalah untuk mengerti, jika sudah mengerti secara otomatis bisa paham dan hafal. Apabila soal diporak-poranda, pasti akan lebih mudah menjawabnya. Namun tidak dapat dipungkiri, kadang ada beberapa mata pelajaran yang memang harus dihapal seperti halnya tahun kelahiran, tanggal bersejara, atau lain sebagainya. Tapi hapalan itu bisa dijadikan mudah jika dibiasakan untuk dibaca, dan diulang-ulangi. Secara otomatis akan tertanam di Long Memori otak.
Sangat membantu bukan, apabila ada yang ingin anda koreksi atau ingin anda tambahkan silahkan kontak kami. Kami siap menerima masukan dari anda. Semoga Cara Mudah Belajar Yang Baik dan Efektif ini bisa bermanfaat untuk anda dan orang disekitar anda. Memang jika ingin memulai menggunakan metode diatas sangatlah sulit, tetapi jika tanpa memulai kapan lagi kita bisa jadikan suatu kebiasaan. Right?
Saya sarankan untuk merefresh otak anda sekali-kali main game yang mempunyai manfaat dan melatih otak, itu bisa meningkatkan kecerdasan otak kanan.
Share this article :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "Tips Cara Mudah Belajar Yang Baik dan Efektif "

 
Copyright © 2014 Gudang Ilmu - All Rights Reserved - DMCA
Template By Kunci Dunia Published By Kaizen Template - Support KaizenThemes